=Bait Allah=

23 Apr 2008

Bait Allah

Tidak tahukah kamu, bahwa kamu adalah bait Allah

dan bahwa Roh Allah diam di dalam kamu?

(1 Korintus 3:16)

Kata bait berarti rumah. Bait Allah berarti rumah Allah, tempat Allah berdiam. Makna teks dalam 1 Korintus 3:16 yang dikutip di atas sangat jelas, bahwa orang-orang percaya adalah bait Allah. Mereka adalah tempat kediaman Roh Allah.

Apa makna bait Allah dari kajian huruf Ibrani kuno? Orang Ibrani memiliki cara berpikir konkret. Segala gagasan dimulai dengan hal-hal konkret. Untuk menyampaikan gagasan rumah mereka menggambarkannya dengan sebuah denah pembagian ruang dalam tenda. (Sebab tenda adalah rumah mereka). Namun hal-hal konkret itu juga dipakainya menjadi jembatan untuk memperluas ide-ide konkret ke dalam ide-ide abstrak. Gambar kepala seorang laki-laki (huruf resh dalam tulisan Ibrani modern) misalnya, mereka memakainya untuk menyampaikan gagasan permulaan.

Kata bait dalam bahasa Ibrani bayit (ditulis: bet-patah-yod-hiriq-taw). Kata bayit tersebut berasal dari akar kata dengan dua huruf bet-taw. Huruf bet adalah piktograf (huruf gambar) sebuah denah tenda, di antaranya berarti rumah atau keluarga. Orang Ibrani kuno tidak tinggal di rumah. Mereka mendirikan tenda sebagai tempat berlindung dan tidur pada waktu malam. (Kata bed dalam bahasa Inggris, yang berarti untuk tidur pada waktu malam di dalam rumah, mungkin berkaitan dengan kata bet dalam bahasa Ibrani. Sedangkan huruf taw adalah gambar dua tongkat menyilang (salib) yang berarti suatu tanda. Dengan demikian gabungan dua piktograf itu berarti tanda keluarga.

Ada tradisi Ibrani bahwa tanda keluarga menunjuk kepada nama dari kepala keluarga. Keluarga Yakub misalnya, berarti seluruh keturunan atau anggota keluarga memiliki kepala keluarga bernama Yakub. Hal itu juga berarti bahwa seluruh anggota keluarga Yakub menyandang tanda keluarga Yakub.

Tanda keluarga memiliki implikasi luas dalam kehidupan orang Ibrani. Di samping terkait erat dengan identitas kekerabatan, juga terkait dengan hak dan kewajiban sebagai keluarga. Warisan, hak dan kewajiban penebusan, berkat, kutuk, dan menegakkan nama saudara menyertai tanda keluarga tersebut. (Matius 21:38 anak sebagai ahli waris, Rut 2:20 kaum keluarga sebagai penebus, Kejadian 49:28 berkat orang tua untuk anak-anak, Kejadian 27:12 orang tua bisa mendatangkan kutuk bagi seorang anak, Ulangan 25:5, ada kewajiban bagi anggota keluarga untuk menegakkan nama saudara yang mati dengan melakukan kewajiban perkawinan ipar).

Makna dan Implikasi

Apa makna lebih jauh dari kamu adalah bait Allah dalam 1 Korintus 3:16 dalam tinjauan tulisan Ibrani kuno? Teks tersebut berarti bahwa orang Kristen memiliki identitas sebagai tanda keluarga Allah. Identitas itu, yaitu tanda keluarga, menyangkut nama keluarga dengan menunjuk Allah sebagai kepala keluarganya. Karena itu sikap, perilaku, dan tutur kata orang Kristen harus mengekspresikan karakter yang cocok dengan nama Allah sebagai kepala keluarganya. Intinya: jika kita adalah tanda keluarga Allah, maka orang yang melihat kita, mereka akan langsung tahu bahwa kita adalah keluarga Allah.

Di samping identitas di atas, hak dan kewajiban juga melekat pada diri orang yang memiliki tanda keluarga Allah. Orang Kristen adalah kerabat Allah, sebab mereka adalah anak-anak Allah. Mereka memiliki hak waris kerajaan Allah. Mereka telah memperoleh penebusan dari Allah. Mereka juga memperoleh berkat Allah, sehingga otomatis telah disingkirkan dari kutuk Allah. Bukankah amat besar berkat yang telah diterima orang-orang Kristen sebagai tanda keluarga Allah?

Mereka juga berkewajiban menegakkan nama saudara agar namanya tidak terhapus dari silsilah keluarga. Bukankah kita juga memiliki kewajiban untuk memberitakan Injil Tuhan Yesus, sehingga akan ada anak-anak Allah dan keluarga Allah ini terus ditegakkan sampai jumlah yang ditentukan Allah?

(Artikel ini ditulis oleh Hery Setyo Adi, yang dikembangkan dari artikel Bait Allah yang dimuat dalam Pelayanan via SMS dalam rubrik “Gali Kata Alkitab” edisi 7, Rabu 16 April 2008 dari nomor 085294397157. Berbagai sumber dipakai sebagai rujukan tulisan ini)


TAGS


-

Author

Follow Me

Search

Recent Post


Categories

Archive